Tentang Kami

Akses pasar, akses modal, dan akses terhadap mentor bisnis yang sesuai, adalah sumbatan-sumbatan yang membuat banyak bisnis skala Mikro, Kecil, dan Menengah mandeg. Bagaimana tidak, sudah lewat satu dekade, struktur UMKM kita tidak mengalami perubahan.

Jika menggunakan kriteria baru menurut Peraturan Pemerintah no.7/2021 tentang UMKM, Usaha Ultra Mikro (omset tahunan di bawah Rp300 juta), yaitu sekitar 98.7%. Sementara pelaku Usaha Mikro (Rp300 juta - Rp 2 miliar per tahun) sekitar 0.9%, Usaha Kecil 0.3% (Rp 2-15 miliar), dan Usaha Menengah hanya 0.07% (Rp15-50 miliar).

Meyakini hukum ekonomi bahwa peran informasi sangat krusial dalam menentukan efektivitas mekanisme pasar dalam menggiring sumber daya berupa produk dan layanan ke alokasi yang tepat guna, kami mengembangkan ukmindonesia.id untuk memudahkan akses informasi perizinan, pengetahuan, dan ragam kesempatan bagi bagi komunitas UMKM yang ingin naik kelas, sejak 2017 lalu.

Sejalan dengan waktu, kami mempelajari bahwa di tengah banyaknya pihak yang ingin memberi dukungan bagi UMKM, ada masalah atau kesulitan dalam menemukan pelaku usaha atau minimal kandidat peserta program yang sesuai. Disisi lain, pelaku UMKM yang punya semangat tumbuh juga kesulitan menemukan jaringan atau akses yang sesuai untuk mendukung pengembangan usahanya, khususnya yang terkait dengan akses pasar, modal, dan mentor tadi.

Inilah yang menjadi alasan lahirnya gagasan mengembangkan program Katalog Bisnis UMKM www.ukmjuwara.id, yaitu untuk menata dan menyajikan tebaran informasi di internet, agar UMKM unggul yang memiliki semangat maju bisa lebih dipromosikan dan mudah ditemukan oleh para pihak yang memiliki sumber daya untuk memberi dukungan, baik dari pihak Pemerintah, perusahaan, akademisi, media, dan NGO.

Sebagai persembahan Indonesia Tumbuh Inklusif (ukmindonesia.id) dan WhatsApp, website katalog UKM JUWARA dikembangkan dengan pemisahan berdasarkan orientasi pengembangan usaha yaitu Katalog Go Digital dan Katalog Go Global serta dilengkapi dengan fitur filter berdasarkan lokasi, kategori produk, gender pemilik, filter harga, dan juga asal program, untuk menghadirkan kenyamanan pencarian agar pengunjung serta mempermudah navigasi kepentingan atau tujuan kunjungannya. Narasi tentang profil umum masing-masing bisnis juga disediakan dalam bahasa inggris bagi kalangan calon mitra internasional. Ke depan, kami akan menambah kategori terkait orientasi pengembangan usaha lainnya, misalnya Go Sustainable, Go Social Impact, dan sebagainya, agar dapat semakin memudahkan interaksi dan menemukan calon mitra yang cocok.

Dengan turut didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perdagangan, APINDO UMKM Akademi, dan IBAN, dan ID Seed, kami mengundang lebih banyak pihak untuk bergabung ke dalam ekosistem pendukung pelaku UKM JuWAra kita. Mereka yang ada di katalog ini adalah bisnis-bisnis yang dapat menjadi inspirasi atau role model bahwa walau bisnis masih skala UMKM, bukan berarti gak bisa keren, kan?

Mari promosikan dan dukung merek-merek dan bisnis lokal kita yang sudah terbukti memiliki semangat belajar dan maju, dan produknya terbukti telah memiliki basis segmen konsumen tertentu. Kalau bukan kita yang gotong royong dan sinergikan dukungan, siapa lagi?

Jika Anda ingin bermitra terkait program business matching akses modal, akses pasar, sponsorship biaya sertifikasi, pendampingan/konsultasi persiapan menuju sertifikasi, program mentoring, atau bahkan sekedar ingin memberi kami masukan, mari mulai langkah bersama untuk menenun kolaborasi dengan mengirimkan surel ke [email protected]

Salam kolaborasi!
Dewi Meisari Haryanti
Chief Editor, ukmindonesia.id
#saatnyaUKMnaikkelas
#UKMjuWAra